Cara Reset Printer Canon IP2770 Termudah

Printer merek Canon tipe IP2770 adalah yang paling banyak digunakan di Indonesia karena harganya lumayan murah dan catridge bisa dimodifikasi menjadi infus. Sayangnya perangkat ini kerap mengalami masalah dan harus diatasi dengan cara reset printer Canon IP2770.

Salah satu permasalahan yang paling kerap terjadi pada Canon IP2770 adalah kode 5200 atau Waste Ink Tank Absorber Full. Permasahan ini hanya bisa diatasi dengan cara reset. Setelah reset, kemungkinan besar printer bisa digunakan kembali secara normal.

Cara Reset Printer Canon IP2770

Cara Reset Printer Canon IP2770

Reset sendiri merupakan salah satu pertolongan pertama ketika printer mengalami masalah atau gangguan. Kamu wajib melakukan hal ini terlebih dahulu sebelum mengambil tindakan lain yang lebih jauh.

Dengan mereset printer, artinya kamu sudah memberikan perintah kepada printer tersebut untuk mengembalikan semua pengaturan serta informasi seperti ketika baru kamu gunakan. Selama penggunaan, printer diubah-ubah pengaturannya dan sekarang akan dikembalikan seperti semula.

Ada dua metode reset yang wajib kamu lakukan berurutan untuk printer Canon IP2770. Metode yang pertama adalah manual alias menggunakan tombol fisik yang ada di printer. Sementara cara kedua adalah menggunakan software. Supaya lebih jelas, kamu bisa menyimak tutorial lengkapnya di bawah.

1. Cara Reset Printer Canon IP2770 Manual

Langkah pertama yang perlu kamu lakukan adalah menjalankan service mode atau lebih kita kenal dengan istilah reset manual. Caranya sebenarnya gampang tapi kamu harus paham step by step dengan benar supaya tidak terjadi kerusakan yang lebih parah.

  • Hal pertama yang harus kamu lakukan adalah mematikan printer dengan cara menekan tombol power satu kali saja.
  • Ketika sudah benar-benar mati, kamu bisa melepaskan kabel power dari sumber listrik.
  • Biarkan kabel USB menghubungkan antara printer dengan laptop atau komputer.
  • Sekarang tekan dan tahan tombol Resume yang ada di dekat tombol power, tahan.
  • Sambil masih menahan tombol resume, tekan tombol power hingga warnanya berubah menjadi hijau. Tahan jari kamu untuk menekan tombol power ini.
  • Ketika tombol power masih kamu tekan, lepaskan perlahan jari kamu dari tombol Resume.
  • Sekarang tekan tombol Resume sebanyak 5 kali berurut-turut dengan tempo yang tidak begitu cepat. Dengan menekan tombol tersebut, lampu indikator akan menyala bergantian dimulai dari oranye, hijau, oranye, hijau, dan oranye.
  • Pastikan bahwa kamu menekan tombol dengan jumlah yang tepat, tidak lebih atau kurang dan lampu yang nyala terakhir adalah oranye.
  • Lepaskan tombol Power dan Resume secara bersamaan.
  • Lalu lampu indikator akan berkedip sesaat kemudian indikator warna hijau akan hidup lagi.
  • Tunggu sesaat sampai komputer atau laptop kamu mendeteksi perangkat baru, yaitu printer. Proses ini tidak begitu penting, jadi kamu bisa mengabaikannya.

Setelah melakukan step by step di atas dengan benar, maka printer kamu sudah masuk di Service Mode dan siap untuk direset. Bagaimana cara untuk reset? Tenang, akan kami jelaskan pada pembahasan selanjutnya.

2. Cara Reset Printer Canon IP2770 dengan Software

Tahap ini bisa dibilang sebagai bagian utama dari cara reset printer Canon IP2770. Perhatikan dengan baik terlebih dahulu langkah demi langkahnya. Jika sudah paham kamu baru bisa mempraktikkan.

Pasalnya, proses reset bisa gagal dan menyebabkan printer mati total sehingga kamu harus hat-hati.

Persiapan

Ada beberapa hal yang perlu kamu persiapkan sebelum mulai melakukan operasi printer IP2770. Inilah dua hal yang wajib ada jika kamu ingin reset printer.

  • Kertas ukuran A4 atau F4 kosong, bersih, dan tidak kusut.
  • File softwarereset printer Canon IP2770 yang bisa kamu download melalui link di bawah ini.

https://drive.google.com/open?id=1sfjB8tq_jqfYIf_m_iZRfVMWDvCUJ6hq

Ekstrak file tersebut.

Proses Reset Printer Canon IP2770

Setelah melakukan persiapan seperti di atas, sekarang kamu bisa mulai melakukan proses reset atau mengembalikan pengaturan printer sama seperti sebeluimnya. Perhatikan langkah-langkahnya terlebih dahulu sebelum kamu memutuskan untuk menjalankannya sendiri.

  • Pertama, taruh kertas yang sudah kamu siapkan tadi pada tempat kertas di printer.
  • Kemudian buka folder yang tadi kamu download, temukan file bernama Service Tool v3400.exe.
  • Klik dua kali pada file tersebut untuk mulai membukanya.
  • Lihat di bagian Clear Ink Counter, Absorber.
  • Ubah statusnya menjadi Main, kemudian tekan tombol Set yang terletak di bagian kanan layar laptop.
  • Sekarang klik tombol EEPROM yang terletak di bagian atas.
  • Printer akan melakukan reset dan testing menggunakan dua kertas yang tadi sudah kamu persiapkan.

Jika kamu sudah melakukan reset, biasanya mesin pencetak ini akan kembali normal dan bisa kamu pakai kembali. Dari penjelasan di atas bisa disimpulkan bahwa cara reset printer Canon IP2770 sangat mudah dan bisa kamu lakukan sendiri sehingga kamu tidak perlu membawanya ke tempat servis.

Tinggalkan komentar