Pengertian Internet dan Intranet, Apa Bedanya?

Di zaman serba maju seperti sekarang ini, kamu pasti sudah tidak asing lagi dengan istilah internet, bukan? Hampir semua kalangan juga sudah familier dengan internet dan mampu menggunakannya untuk berbagai hal. Tapi, apakah kamu juga memahami pengertian internet dan intranet?

Internet dan intranet memang memiliki nama yang sedikit mirip ketika kita ucapkan. Namun keduanya punya pengertian yang berbeda. Penasaran seperti apa perbedaannya? Yuk, simak penjelasan selengkapnya di bawah ini.

Pengertian Internet

pengertian internet dan intranet

Untuk mengawali pembahasan tentang pengertian internet dan intranet, sebaiknya kamu pahami pengertian dari internet terlebih dahulu. Secara umum, internet merupakan istilah yang kita pakai untuk menyebut jaringan yang menghubungkan komputer-komputer.

Untuk menghubungkan beberapa komputer sekaligus, bisa menggunakan sistem Transmission Control Protocol / Internet Protocol Suite. Sistem tersebut juga sering kita sebut sebagai TCP/IP. Sistem ini memungkinkan pengguna komputer dapat bertukar informasi dan data meski terpisahkan jarak.

Selain pengertian secara umum seperti di atas, beberapa ahli juga mengemukakan pendapatnya tentang pengertian internet. Berikut ini beberapa pendapatnya.

1. Allan (2005)

Allan (2005) mengungkapkan bahwa internet adalah kumpulan jaringan komputer yang terhubung satu dengan lainnya secara fisik serta mempunyai kemampuan untuk membaca dan merincikan berbagai protokol komunikasi yang dikenal dengan istilah TCP dan IP.

Masih menurut Allan, protokol sendiri didefinisikan sebagai spesifikasi simpel tentang bagaimana dua komputer atau lebih bisa saling bertukar data serta informasi.

2. Onno W. Purbo

Menurut Onno W. Purbo, internet adalah suatu media yang dipakai untuk menyederhanakan proses komunikasi yang dihubungkan dengan beberapa aplikasi misalnya surat elektronik (email), VoIP, dan Web.

3. Oetomo (2002)

Oetomo (2002) menjelaskan bahwa internet adalah sebuah kependekan atau singkatan dari international network. Jika didefinisikan, internet adalah sebuah jaringan komputer berskala besar meliputi seluruh dunia, terdiri dari jaringan-jaringan berskala kecil yang saling terhubung.

4. Supriyanto (2006)

Supriyanto (2006) menjelaskan bahwa Internet adalah sebuah hubungan yang terjadi antara beberapa macam komputer dengan jaringan di dunia yang mempunyai sistem operasi serta aplikasi berbeda. Hubungan ini memanfaatkan kemajuan teknologi alat komunikasi seperti satelit dan telepon.

Protokol komunikasi standar yang digunakan pada sistem ini adalah Transmission Control/Internet Protocol (TCP/IP).

5. O’Brien

Pada 2003, O’Brien mengungkapkan bahwa internet adalah suatu jaringan komputer yang tengah berkembang pesat saat ini untuk kepentingan pendidikan, bisnis, dan pemerintahan untuk saling terhubung satu sama lain. Jumlah penggunanya bisa berkembang sampai di seluruh dunia.

Pengertian Intranet

Pembahasan tentang pengertian internet dan intranet kini sudah memasuki bagian intranet. Istilah intranet sendiri juga dikenal dengan nama internal network. Dari namanya tersebut, mungkin kamu sudah bisa mengartikan sendiri apa yang dimaksud dengan intranet.

Intranet merupakan suatu private network atau jaringan privat yang tersambung menggunakan protokol internet yaitu TCP/IP, jaringan ini berfungsi untuk mengirimkan informasi dan data di lingkup yang lebih kecil dan terbatas, misalnya di perusahaan, sekolah, atau universitas.

Karena sifatnya private dan tertutup, intranet hanya bisa diakses oleh komputer di dalam ruang lingkupnya. Sedangkan perangkat di luar ruang lingkup tersebut tidak bisa mengaksesnya secara bebas.

Beberapa ahli juga mengemukakan pendapatnya mengenai pengertian intranet. Mari simak pendapatnya di bawah ini.

  • O’Brien dan Marakas

Pada 2011, O’Brien dan Marakas menjelaskan bahwa intranet merupakan sebuah jaringan di ruang lingkup organisasi yang memaki teknologi internet seperti protokol TCP/IP, server, browser, dokumen HTML, database, dan masih banyak lagi.

Fungsi jaringan intranet untuk suatu organisasi yaitu mendukung proses bisnis, kolaborasi, komunikasi, serta pertukaran informasi di lingkup internal.

  • Turban, King, Lee, dan Liang

Empat orang ahli ini mengemukakan pendapat mengenai pengertian intranet pada 2010. Mereka berpendapat bahwa intranet merupakan jaringan milik perusahaan atau pemerintah yang memakai tools internet seperti internet protocol dan web browser. Fungsinya untuk kolaborasi dan komunikasi.

  • Miftakul Amin

  1. Miftakul Amin memiliki pendapatnya sendiri untuk mendefinisikan intranet. Menurutnya, intranet merupakan Local Area Network (LAN) yang memakai standar komunikasi dan semua fasilitas internet. Bisa dikatakan bahwa intranet adalah internet lokal.

Contoh Internet dan Intranet

Setelah kamu memahami pengertian internet dan intranet, pahami juga contoh-contohnya. Berikut ini beberapa contoh internet yang sering dijumpai.

  • E-government: sistem pemerintahan untuk memberikan layanan dan informasi kepada masyarakat menggunakan teknologi informasi.
  • E-learning: sistempembelajaran berbasis elektronik yang memungkinkan guru dan murid melakukan pembelajaran jarak jauh tanpa perlu bertemu.
  • E-banking: layanan perbankan yang berbasis pada internet untuk memudahkan proses transaksi.
  • E-commerce: salah satu pemanfaatan internet di bidang ekonomi seperti toko online yang memungkinkan orang berbelanja tanpa harus datang langsung ke toko.
  • Email: layanan surat elektronik untuk memudahkan pengiriman surat tanpa harus ke kantor pos.

Sementara contoh intranet antara lain jaringan internal di sekolah, jaringan antar komputer di sebuah perusahaan, serta jaringan komputer di kampus.

Perbedaan Internet dan Intranet

Perbedaan Internet dan Intranet

Perbedaan antara internet dengan intranet bisa kamu lihat pada tabel di bawah ini.

No. Pembanding Internet Intranet
1. Protokol TCP/IP TCP/IP
2. Kecepatan akses Cepat Lebih cepat dibandingkan internet.
3. Pengguna Masyarakat umum di seluruh dunia. Anggota organisasi pemilik intranet.
4. Layanan Search engine, WWW, chatting, transfer file, email Search engine, WWW, chatting, transfer file, email
5. Area kerja Seluruh dunia Lokal, seperti di perusahaan atau organisasi tertentu.
6. Jaringan komputer LAN, MAN, WAN LAN

Dengan membaca penjelasan lengkap di atas, tentu kamu sudah bisa memahami pengertian internet dan intranet, mengetahui contohnya, serta perbedaan di antara keduanya.

Tinggalkan komentar