Cara Masuk BIOS Laptop HP Paling Mudah

Sebelum melakukan instalasi sistem operasi pada laptop HP, kamu tentu butuh mengatur prioritas boot melalui BIOS. Kamu juga wajib memahami cara masuk BIOS laptop HP dengan benar. Cara masuk BIOS khusus di laptop HP memang tidak seperti laptop merek lain.

Laptop lainnya akan masuk ke BIOS dengan cara menekan F2. Namun hal ini tidak berlaku untuk laptop Hewlett Packard alias HP. Lalu, bagaimana cara masuk ke sistem BIOS di laptop ini? Simak penjelasan di bawah ini untuk mendapatkan jawaban selengkapnya.

cara masuk BIOS laptop

Cara Masuk ke BIOS Laptop HP

Ada 4 cara utama yang bisa kamu lakukan ketika akan masuk ke BIOS khusus untuk laptop merek HP. Cara yang pertama adalah memakai F10, selanjutnya menggunakan Esc, dan F9. Selain itu, kamu juga dapat masuk ke BIOS melalui sistem Windows 8 atau 10. Yuk, simak tutorial lengkapnya.

Masuk BIOS dengan Tombol F10

Tombol pertama yang akan mengantar kamu masuk ke BIOS di laptop HP adalah F10. Tombol ini terletak di baris paling atas pada keyboard. Cara menggunakan tombol ini juga tidak begitu sulit, namun sedikit tricky. Ini dia tutorial selengkapnya.

  • Pertama, kamu harus menyalakan laptop jika masih dalam keadaan mati. Jika laptop HP sudah dalam kondisi hidup, restart perangkat
  • Setelah kamu menekan tombol power untuk menyalakan laptop, tekan tombol F10 berulangkali dengan cepat.
  • Jika kamu ingin masuk ke BIOS dengan cara restart, tekan tombol F10begitu layar laptop mulai hitam dan tidak menampilkan apa pun.
  • Tekan terus sampai kamu diarahkan masuk ke pengaturan BIOS.

Kegagalan masuk ke BIOS biasanya disebabkan karena kamu terlambat menekan tombol F10 tersebut. Hal ini kerap kamu alami oleh pengguna Windows 8 dan Windows 10 yang menerapkan Fast Startup.

Untuk mengatasi permasalahan seperti ini, sebaiknya kamu terus menekan tombol F10 secara cepat dan berulang sebelum menekan tombol power. Cara ini cukup ampuh dan sudah dipraktikkan oleh banyak orang.

Masuk BIOS Menggunakan Tombol Esc

Tombol kedua yang bisa kamu pakai untuk masuk ke BIOS adalah tombol Esc atau escape. Letak tombol ini ada di sudut kiri atas, sejajar dengan tombol F1 hingga F12. Apabila Esc kamu tekan secara cepat dan berulang ketika laptop belum mulai booting, di layar akan tampil urutan prioritas boot.

Ketika kamu akan menginstall sistem operasi, cukup tekan tombol Esc untuk memilih prioritas booting. Cara ini lebih hemat waktu ketimbang harus masuk ke BIOS terlebih dahulu untuk melakukan pengaturan.

Apalagi mengatur urutan boot di BIOS sifatnya permanen, urutannya akan tetap seperti itu sampai kamu atur ulang. Sedangkan memilih prioritas boot menggunakan Esc hanya bersifat sementara. Setting atau pengaturan utama tidak akan berubah.

Berikut ini tutorial lengkap untuk masuk ke pengaturan BIOS menggunakan tombol Esc.

  • Hidupkan laptop kamu dengan cara menekan tombol power. Kamu juga dapat mengawali cara ini dengan cara restart laptop.
  • Langsung saja arahkan jarimu ke tombol Escdan tekan berulang-ulang secara cepat. Khusus untuk restart, tekan tombol Esc dimulai ketika layar sudah gelap.
  • Di layar akan muncul pilihan urutan booting yang bisa kamu pilih. Namun tujuan utamanya adalah untuk membuka BIOS. Jadi gunakan tombol panah untuk memilih menu BIOS dan tekan enter.

Untuk masuk ke menu ini, kamu membutuhkan kecepatan tangan yang tinggi. Jika kalah cepat, kamu tidak akan berhasil masuk ke BIOS. Justru kamu akan dibawa ke sistem operasi yang sudah ada sebelumnya di laptop.

Masuk BIOS Memakai F9

Tahukah kamu bahwa notebook atau laptop HP punya satu tombol lagi yang fungsinya sama seperti Esc? Ya, tombol yang dimaksud adalah F9. Jadi, ketika kamu menekan tombol ini secara berulang sesaat setelah mencoba menyalakan atau merestart laptop, maka akan muncul menu urutan boot.

Menu boot ini berisi urutan drive yang bisa terbaca oleh komputer atau laptop. Biasanya, ada beberapa drive di menu ini antara lain hard disk drive, removable drive seperti flashdisk, serta optical drive seperti CD atau DVD, dan menu yang terakhir kamu pakai untuk masuk ke BIOS.

Berikut ini cara masuk BIOS laptop HP menggunakan tombol F9 anti gagal.

  • Seperti biasa, hidupkan terlebih dahulu laptop kamu dengan cara menekan tombol power.
  • Setelah itu, arahkan jarimu ke F9dan tekan dengan cepat berulang-ulang.
  • Di layar akan muncul menu yang sudah kami sebutkan di atas. Gunakan anak panah ke bawah untuk memilih menu.
  • Pilih menu untuk masuk ke BIOS setup kemudian tekan enter pada keyboard.

Cara Masuk BIOS HP dari Windows 8 dan Windows 10

Siapa bilang masuk BIOS harus menggunakan tombol-tombol di keyboard? Tutorial cara masuk BIOS laptop HP ini berbeda karena dilakukan ketika komputer ketika sudah hidup. Namun perlu kamu catat kalau cara ini hanya berlaku untuk Windows 8 dan 10. Ini dia tutorialnya.

  • Tekan tombol Windows bersama dengan huruf C di keyboard.
  • Klik Settings atau PC Settings.
  • Klik pada tab General dan pilih Advanced Setup.
  • Pilih Restart Now.
  • Laptop akan restart, kemudian di layar akan muncul Choose an Option. Klik Troubleshoot.
  • Klik UEFI Firmware Settings dan kamu akan langsung masuk ke BIOS.

Saat ini tentu kamu sudah memahami cara masuk BIOS laptop HP. Kamu bebas menggunakan cara yang mana saja untuk masuk ke pengaturan input dan output tersebut. Kamu bisa pilih memakai F9, F10, Esc, atau masuk langsung dari Windows 10 dan Windows 8. Pilih saja yang paling nyaman.

Tinggalkan komentar