Aplikasi Kompres Video Android dan PC

Sadarkah kamu bahwa file video umumnya memiliki ukuran yang sangat besar sehingga memenuhi memori penyimpanan. Oleh karena itu, saat ini sudah tersedia banyak aplikasi kompres video yang berguna untuk mengurangi ukuran video.

Kalau kamu mengalami permasalahan memori penuh karena punya banyak file video, sebaiknya jangan lewatkan pembahasan kali ini. Di sini akan dijelaskan secara lebih lengkap cara untuk mengompres video di PC, laptop, Android, serta web. Simak terus, ya.

Aplikasi Kompres Video

1. Kompres Video di PC

PC banyak dipakai untuk melakukan banyak pekerjaan misalnya mengedit video, mengedit foto, mengetik, dan masih banyak lagi. PC juga dapat kamu gunakan untuk melakukan hal-hal khusus seperti mengompes atau memperkecil ukuran video.

Cara yang akan dibahas pertama ini akan memanfaatkan aplikasi kompres video bernama Movie Maker. Sebenarnya, aplikasi ini berguna untuk editing video tapi bisa juga dipakai untuk compressing. Ini dia tutorial selengkapnya.

· Download dan Install Movie Maker

Perlu kamu ketahui bahwa Movie Maker ini tidak termasuk dalam aplikasi bawaan Windows, baik Windows 7, 8, maupun 10. Oleh karena itu, kamu harus mendownload dan install terlebih dahulu secara manual. Jangan khawatir karena tutorial lengkapnya ada di bawah ini.

  • Pastikan bahwa PC kamu sudah terhubung dengan internet, kemudian buka browser.
  • Ketik atau copy link/URL berikut ini di address bar: https://www.microsoft.com/id-id/p/movie-maker-10-free/9mvfq4lmz6c9?activetab=pivot:overviewtab
  • URL tersebut akan membawa kamu ke halaman untuk download Movie Maker.
  • Login dengan akun Microsoft yang kamu punya. Jika belum punya akun Microsoft, klik Create Account kemudian ikuti langkah-langkah yang muncul di layar.
  • Jika sudah login, klik pada tombol GET.
  • Pilih perangkat yang akan diinstall Movie Maker, kemudian klik Install Now.
  • Tunggu sampai proses install selesai dilakukan.

· Gunakan Movie Maker Untuk Kompres Video

Sekarang kamu sudah memiliki aplikasi Movie Maker. Jadi, ikuti langkah-langkah di bawah ini untuk mengompres ukuran file video.

  • Pertama, buka aplikasi Movie Maker yang sudah terpasang di PC.
  • Berikutnya, klik pada menu Add Video.
  • Pilih file video yang akan kamu kecilkan ukuran filenya.
  • Klik pada menu File di kiri atas jendela Movie Maker.
  • Pilih Save Movie.
  • Beri nama baru untuk video hasil kompres. Kemudian klik Save Video.

Menggunakan Movie Maker untuk kompres video memang sangat mudah. Bahkan kamu tidak perlu melakukan banyak pengaturan. Dengan cara ini, ukuran video dijamin akan menjadi lebih kecil namun kualitas video masih tetap bagus.

2. Aplikasi Kompres Video di Android

Bagaimana kalau kamu tidak punya PC? Tak perlu khawatir karena aplikasi kompres video juga sudah hadir. Ini dia beberapa rekomendasi aplikasi untuk kompres video yang bisa kamu download melalui Playstore.

· Smart Video Compressor

Aplikasi Kompres Video

Aplikasi yang satu ini dikembangkan oleh provider bernama AppAspect Technologies Pvt Ltd. dan telah mendapatkan penilaian sebesar 4,6 dari 5 di Playstore. Hal ini membuktikan bahwa Smart Video Compressor layak untuk didownload.

Dengan aplikasi ini, kamu dapat mengurangi ukuran file mencapai 70% hingga 80%. Ada pun video yang didukung oleh Smart Video Compressor mulai dari resolusi 720p dan lebih rendah dari itu.

· Video Transcoder

Tak ingin melihat banyak iklan berseliweran di aplikasi untuk mengompres ukuran video? Kamu sebaiknya menggunakan aplikasi Video Transcoder yang tak menampilkan iklan. Hal ini bisa terjadi karena Video Transcoder adalah aplikasi open source.

Pengaturan di aplikasi ini juga cukup lengkap antara lain resolusi, audio, kecepatan bit, FPS, serta edit codec.

· Video Dieter 2

Aplikasi ketiga yang bisa kamu coba untuk kompres video di Android adalah Video Dieter. Keunggulan utamanya adalah mampu mengompres video dengan kualitas 4K. Uniknya, ukuran aplikasinya hanya sekitar 2,2 MB dan kamu bisa mendownload secara gratis melalui aplikasi Video Dieter.

Sayangnya. Kamu harus berhadapan dengan iklan ketika menggunakan Video Dieter 2. Beberapa toolsnya juga masih dalam keadaan terkunci. Untuk membukanya, kamu wajib merekomendasikan aplikasi tersebut kepada orang lain.

3. Aplikasi Kompres Video di Laptop

Berikutnya ada rekomendasi aplikasi kompres video yang bisa kamu install di laptop. Pastikan kamu melihat spesifikasi laptop agar sistem laptop kamu sesuai dan bisa menjalankan aplikasi kompres video.

Khususnya laptop Windows, ya. Sebenarnya aplikasi yang pertama sudah sempat disebutkan, yaitu Movie Maker.

Tapi, adakah aplikasi lain yang sejenis? Langsung saja, ini dia penjelasannya.

· VideoPad

Aplikasi Kompres Video di Laptop

Hampir sama dengan Movie Maker, VideoPad sebenarnya adalah aplikasi editing video yang memiliki beberapa fitur seperti rotate, crop, zoom, dan tools video editing lainnya. Meski begitu, VideoPad juga merupakan pilihan bagus untuk kompres video.

Caranya sangat mudah. Pertama, kamu perlu install aplikasi ini terlebih dahulu. Setelah itu import file video asli dan simpan menjadi video baru. Dengan cara ini, video akan mengalami encode sehingga ukurannya akan mengecil.

· HandBrake

Kurang puas dengan Movie Maker dan VideoPad? Kamu bisa mencoba HandBrake yang memiliki pengaturan kompres lebih lengkap dibandingkan dua aplikasi sebelumnya. Dengan aplikasi ini, kamu bisa mengatur frame rate, jenis encoder, dan sebagainya.

HandBrake sendiri memang diciptakan untuk melakukan encode pada video. tak heran kalau pengaturannya jauh lebih lengkap.

· Avidemux

Tak kalah dengan HandBrake, Avidemux juga punya fitur yang lengkap untuk kompresi video. Dengan aplikasi tersebut, kamu bisa mengatur bitrate, FPS, encoder, dan sebagainya. Keunggulan aplikasi yang satu ini adalah dapat mendukung video berbagai format.

4. Aplikasi Kompres Video Tanpa Aplikasi

Kalau kamu tak ingin repot-repot menginstall aplikasi kompres video baru, cobalah untuk menggunakan beberapa situs berikut ini.

· Aconvert

Situs pertama yang bisa kamu kunjungi adalah Aconvert. Link atau URL-nya yaitu aconvert.com/video. situs ini mendukung beberapa format file video seperti AVI, MKV, dan MP4. Situs yang satu ini juga menyediakan opsi atau pengaturan yang cukup lengkap, antara lain:

  • Format file output
  • Mode export
  • Ukuran frame video
  • Bitrate
  • Framerate
  • Video aspect

Untuk menggunakan situs ini, sebaiknya kamu siapkan koneksi internet yang cepat dan stabil. Pasalnya, kamu harus upload dan download video hasil kompres.

· Videosmaller

Situs lainnya yang menawarkan layanan kompres ukuran video secara langsung adalah Videosmaller. Sayangnya, ukuran video yang mendukung untuk proses kompres hanya mencapai 500 MB. Hal ini tentu sangat membatasi kamu yang ingin mengompres video berukuran besar.

Pilihan pengaturannya juga cukup sedikit, kamu hanya bisa mengubah kualitas video, ukuran frame, serta audio.

· Ezgif

Situs terakhir yang direkomendasikan untuk mengompres file video adalah Ezgif. Kamu bisa menggunakan layanan Ezgif secara gratis. Caranya juga tidak begitu sulit. Pertama upload video, lakukan sedikit pengaturan, kemudian biarkan sistem melakukan compressing.

Sekarang kamu punya dua pilihan aplikasi kompres video, mau menggunakan yang online atau offline. Semuanya memiliki keunggulan serta kelemahan masing-masing. Jadi, sesuaikan saja dengan kebutuhan kamu.

 

Tinggalkan komentar